PEMILIHAN KEPALA SEKOLAH, GURU, DAN PENGAWAS BERPRESTASI


PEMILIHAN GURU,KEPALA SEKOLAH DAN PENGAWAS SEKOLAH BERPRESTASI
TINGKAT KOTA SINGKAWANG
TAHUN 2009

Pertama-tama mari kita panjatkan puji dan syukur kehadiran Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya terutama nikmat kesehatan, sehingga kita dapat menghadiri Pemilihan Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah Berprestasi Tingkat Kota Singkawang Tahun 2009.
Kedua kami atas nama Panitia mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya atas kehadiran Bapak-Bapak dan Saudara-Saudara pada pagi ini.
Pada Kesempatan Pemilihan Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah Berprestasi Tingkat Kota Singkawang, Izinkan kami selaku ketua Penyelenggara untuk menyampaikan laporan sebagai berikut :

1. Latar Belakang
Undang-undang RI No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 40 ayat (2) menyatakan bahwa Pendidik dan Tenaga Kependidikan berkewajiban memberi teladan dan menjaga nama baik lembaga profesi, dan kedudukan dengan kepercayaan yang diberikan kepadanya.
Mengingat pentingnya peran Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah berprestasi dalam meningkatkan profesi, maka sudah sepantasnyalah kepada Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah diberikan penghargaan yang layak.
Sistem penghargaan dalam bentuk ”Pemilihan Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah Berprestasi” perlu dilakukan secara ketat, transparan dan terukur, sehingga dapat memberi rasa kebanggaan yang dapat memotivasi para Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah untuk meningkatkan tugas-tugas profesinya, yang pada akhirnya mampu menjawab tantangan era global yang berbasis keunggulan.

2. Dasar Hukum
1. UU RI No.20 Tahun 2003 tentang Sistim Pendidikan Nasional
2. UU RI No. 14 Tahun 2003 tentang Guru dan Dosen
3. Peraturan Pemerintah RI No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
4. Peraturan Pemerintah RI No. 94 Tahun 2008 tentang Guru
5. Surat Edaran Direktur Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Kependidikan No. 887/F/LL/2009 Tanggal 21 Januari 2009 tentang Pemilihan Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah Berprestasi Tahun 2009
6. Surat Edaran Kepala LPMP Provinsi Kalimantan Barat No : 2900/F/LL/2009 Tanggal 6 Maret 2009 Tentang Pemilihan Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah Berprestasi Tahun 2009
7. Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kota Singkawang No : 53 Tahun 2009 Tanggal 8 Juni 2009 Tentang Pembentukan Panitia Pemilihan Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah Kota Singkawang Tahun 2009

3. Maksud dan Tujuan
Maksud diselenggarakan Pemilihan Guru, Kepala Sekolah da Pengawas Sekolah Berprestasi Tahun 2009 adalah salah satu bentuk penghargaan dari pemerintah bagi Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah yang berhasil meningkatkan mutu pendidikan, motivasi dan profesionalisme di sekolahnya masing-masing.
Sedang tujuannya adalah memberikan penghargaan dan pengakuan kepada Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah yang secara nyata berprestasi dalam melaksanakan tugas pokoknya, serta kegiatan pendukung lainnya dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Serta meningkatkan motivasi secara berkelanjutan dikalangan Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah untuk terus ”belajar dan bekerja lebih cerdas” guna menciptakan kinerja lebih produktif dan menumbuhkan kebanggaan di kalangan Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah terhadap profesinya.

4. Peserta
Peserta adalah Guru dan Kepala Sekolah TK/SD Pemenang Tingkat Kecamatan, Guru dan Kepala Sekolah SMP/MTs, Guru dan Kepala Sekolah SMA/MA, serta Guru dan Kepala Sekolah SMK, dengan rincian sebagai berikut :
1. Guru TK : 7 Orang
2. Guru SD : 11 Orang
3. Kepala Sekolah TK : 2 Orang
4. Kepala Sekolah SD : 10 Orang
5. Guru SMP : 7 Orang
6. Kepala Sekolah SMP : 2 Orang
7. Guru SMA : 2 Orang
8. Kepala Sekolah SMA : 2Orang
9. Pengawas TK/SD : 1 Orang
10. Pengawas SMP : 1 Orang
11. Pengawas SMA/SMK : 1 Orang

Jumlah Peserta : 46 Orang

5. Waktu dan Tempat
Pemilihan Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah Berprestasi dilaksanakan pada tanggal 16 s.d 19 Juni 2009 bertempat di Dinas Pendidikan Kota Singkawang Jalan Alianyang Kecamatan Singkawang Barat Kota Singkawang.

6. Panitia
1. Penanggung Jawab adalah Kepala Bidang Tenaga Pendidik dan Kependidikan
2. Pengarah adalah Kepala Dinas Pendidikan Kota Singkawang dan Kepala Kantor Departemen Agama Kota Singkawang
3. Tim Penilai
1. Unsur Kantor Departemen Agama Kota Singkawang
2. Pengawas Sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Singkawang
3. Kepala Sekolah berprestasi tingkat Provinsi dan Nasional
4. Dewan Pendidikan
4. Panitia Penyelenggara
Panitia penyelenggara berasal dari Kasi dan Staf Bidang Tenaga Pendidik dan Kependidikan

7. Bentuk Kegiatan/Penilaian
Bentuk Kegiatan/Penilaian adalah :
1. Tes Tertulis
2. Penilaian Administrasi/Dokumen Portofolio
3. Karya Tulis
4. Persentasi

8. Materi Penilaian
Adapun materi penilaian Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah berpedoman kepada Buku Pedoman Pemilihan Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah berprestasi tahun 2009 dari Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu dan Tenaga Kependidikan Direktorat Tenaga Pendidik Depdiknas.

9. Pembiayaan
Semua pembiayaan yang diperlukan dalam pelaksanaan Pemilihan Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah dibebankan kepada RKA Tahun 2009 Dinas Pendidikan kota khusus Bidang Tenaga Pendidik dan Kependidikan.

10. Hasil yang diharapkan
Hasil yang diharapkan dengan dilaksanakan Pemilihan Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah Berprestasi Tahun 2009 Kota Singkawang adalah terpilihnya Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah yang mewakili Kota Singkawang Tahun 2009 untuk ke Tingkat Provinsi Kalimantan Barat dan Tingkat Nasional.

11. Penutup
Sebagai penutup dari laporan kali ini kami atas nama Ketua Penyelenggara mohon maaf apabila dalam kegiatan ini terdapat kekurangan dan kekhilafannya, dan mohon petunjuk serta saran perbaikannya. Akhirnya kami mohon perkenan Bapak Walikota Singkawang untuk membuka secara resmi kegiatan Pemilihan Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah Berprestasi Tingkat Kota Singkawang Tahun 2009.

Demikianlah, atas perhatian diucapkan terima kasih.
Wabillahi Taufik Walhidayah Wassalamua’alikum Wr. Wb
Selamat Pagi dan Salam Sejahtera.

About these ads

About admin

education socciety
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.