OOSN 2011 Kalimantan Barat


Singkawang Raih Juara Umum Lomba Seni dan Sastra

Kota Singkawang berhasil menyabet Juara Umum dalam Lomba Festival Seni dan Sastra Siswa SMP Tingkat Propinsi Kalimantan Barat, Tahun 2011.

Asmadi, S.Pd Kasi Kesiswaan Bidang Dikdas Dinas Pendidikan Kota Singkawang menjelaskan, bahwa dari 13 kegiatan festival seni dan sastra siswa SMP Tingkat Propinsi Kalimantan Barat diikuti 14 Kabupaten/Kota. Kegiatan diselenggarakan dari tanggal 6 s.d 8 Mei 2011 di Pontianak. Dari 13 cabang lomba yang diikuti oleh Kota Singkawang, hanya satu saja yang tidak mendapatkan kejuaraan yaitu Lomba Cipta Cerpen. Yang lainnya semua mendapat juara. Tiga berhasil mendapat Medali Emas, 7 buah medali Perak dan 2 buah medali Perunggu berhasil disabet Kota Singkawang. Dengan hasil tersebut Singkawang dinyatakan sebagai Juara Umum Dari 14 Kabupaten/Kota Se Propinsi Kalimantan Barat”. Jelas Asmadi

Jenis lomba yang berhasil meraih Juara l dan mendapat Medali Emas yang diperoleh Kota Singkawang ada tiga kejuaraan, antara lain : Nyanyi Solo yang diwakili Windi dari SMPN 2, Cipta Puisi Volka Viola SMPN3 dan Story Telling Bayu Laksmana SMPN3 Singkawang.

Cabang Lomba yang berhasil diraih Kota Singkawang dengan Juara II dan mendapat Medali Perak antara lain : Cipta Lagu (SMP BRUDER), Seni Kriya (SMP PENGABDI), Desain Motif Batik (SMPN 4), Vokal Group (SMP PENGABDI), Seni Tari (SMP PENGABDI), MTQ Putra (SMPN 3), MTQ Putri (SMP IT).

Dua Cabang kejuaraan yang diikuti Kota Singkawang mendapat juara III dan mendapat Medali perunggu ada dua, antara lain Melukis (SMPN 1) dan Musik Tradisional (SMP Aloysius Gonzaga).

Walikota Singkawang Dr. Hasan Karman, SH, MM ketika dihubungi melalui Ponsel berkaitan dengan hasil lomba tersebut mengungkapkan ”sejak dulu, masyarakat Singkawang akrab dengan budaya yang ada di dalam masyarakat. Seni dan Sastra adalah bagian dari budaya itu sendiri. Jadi tidak heran jika generasi muda kita, terutama para siswa sangat akrab dari seni dan sastra. Saya berharap agar generasi muda di Singkawang tetap bisa menjaga, melestarikan dan menghargai seni dan sastra, karena ini akan membuktikan kita berbudaya. Masyarakat yang tidak menghargai Seni dan Sastra, sama dengan tidak menghargai budaya. Bisa dibayangkan, bagaimana jadinya jika masyarakat tidak menghargai budaya?”. pungkas Hasan.

(IsHand)

About admin

education socciety
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.