Ditjen Dikmen Luncurkan Aplikasi Data Pokok Pendidikan Menengah (Dapodikmen)


gb328 DAPODIKMENJakarta, Ditjen Pendidikan Menengah — Pada tanggal 2 Mei 2014 bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS), Direktur Jenderal Pendidikan Menengah (Dirjen Dikmen) Kemdikbud, Prof. Achmad Jazidie meluncurkan secara resmi Aplikasi Data Pokok Pendidikan Menengah (DAPODIKMEN) sebagai satu-satunya instrumen pendataan pendidikan menengah yang berlaku di lingkungan Ditjen Dikmen. Acara peluncuran ditandai dengan penekanan tombol sirine dan pemutaran video aplikasi Dapodikmen di Ruang Sidang, Gedung D, Lantai 11, Senayan Jakarta. Aplikasi Dapodikmen adalah satu aplikasi pendataan yang terintegrasi untuk menjaring data individual sekolah menengah (SMA, SMK dan SMLB), yang dapat diakses dengan alamat web http://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id.

Turut hadir dalam acara peluncuran aplikasi tersebut Staf Ahli Menteri Bidang Organisasi dan Manajemen, Prof. Alkaf, para Direktur di lingkungan Ditjen Dikmen, Kepala Pusat Informasi dan Humas, Kepala Pusat Data dan Statistik Pendidikan, Kepala Pusat Teknologi dan Komunikasi Pendidikan, dan Para pejabat eselon III dan IV di lingkungan Ditjen Dikmen serta sejumlah undangan lainnya.

Dalam acara peluncuran aplikasi ini, Dirjen Dikmen menyampaikan, bahwa Aplikasi Dapodikmen merupakan aplikasi pengembangan dan penyempurnaan lebih lanjut dari aplikasi sebelumnya.

Dirjen Dikmen menegaskan, bahwa berdasarkan Surat Edaran Mendikbud No. 0293/MPK.A/PR/2014, tidak ada lagi penjaringan data di luar sistem pendataan Dapodik. “Ini sudah menjadi kebijakan menteri”. Di samping itu, ditekankan pula pentingnya data untuk sebuah perencanaan dan perencanaan itu sendiri merupakan langkah awal untuk pengembangan berbagai hal, termasuk di bidang pendidikan.

Sementara Sekretaris Ditjen Dikmen, dalam laporannya menyampaikan bahwa Dapodikmen dibutuhkan juga untuk mendukung suksesnya program Pendidikan Menengah Universal (PMU) dan implementasi Kurikulum 2013. Ditjen Dikmen sudah menyiapkan perangkat lunak (software) Dapodikmen dan buku manual penggunaan aplikasi untuk dibagikan ke sekolah-sekolah sehingga memudahkan operator sekolah dalam menggunakan aplikasi Dapodikmen.(Siswanto) Publisher :Nurjolis/Primadi

Advertisements

About admin

education socciety
This entry was posted in BERITA. Bookmark the permalink.